BAB 1
TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1 Ilmu Budaya Dasar sebagai MKDU
2.2 Pengertian Ilmu Budaya Dasar
2.3 Tujuan Ilmu Budaya Dasar
2.4 Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
BAB 3 PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
KATA PENGANTAR
Begitu banyak nikmat yang Allah telah berikan tapi
sedikit sekali yang kita ingat, segala puji hanyalah milik Allah SWT yang masih
setia mencurahkan berjuta cinta dan kasihnya kepada kita semua sehingga kita
masih sempat ,menghirup udara dari alamnya dan memandang hamparan ciptaannya
serta masih diberikan kekuatan iman,nikmat,berkah,rahmat serta taufik-Nya yang
tiada terkira besarnya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Ilmu Budaya Dasar yang berjjudul ''Tinjauan Ilmu Budaya Dasar "
BAB 1
PENDAHULUAN
1. MATA
KULIAH DASAR UMUM (MKDU)
Mata Kuliah Dasar Umum pada
dasarnya adalah untuk membantu perkembangan pendidikan bagi mahasiswa,agar
memperoleh ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota terpelajar
Indonesia,sehingga tidak saja golongan terpelajar itu mendapat pengetahuan
keterampilan , tetapi juga menunjukkan kepribadian yang khas,sesuai dengan
nilai-nilai hokum bangsa sendiri .Pendidikan ini bersifat intelektual dan yang
bersifat kejiwaan guna mendidik kepribadian sebagai keseluruhan agar kaum
terpelajar menjadi ahli ilmu pengetahuan (ilmuwan) yang dapat mengembangkan
nusa,bangsa,Negara dan pribafi sesuai dengan Pancasila (Raker Rektor se
Indonesia ,1980)
Mata Kuliah Dasar pada perguruan
Tinggi dikelompokkan menjadi 2(dua) bagian .
Pada kelompok pertama,diharapkan
dapat memberi dasar-dasar pedoman untuk bertindak warga Negara yang terpelajar
,yang meliputi mata kuliah :
1.Agama
2.Pancasila
3.Kewiraan
Ketiga mata kuliah kelompok pertama
tersebut diatas merupakan mata kuliah intrakurikuler yang diwajibkan kepada
semua mahasiswa yang dinilai dan ikut menentukan kenaikan tingkat,jenjang
pendidikan dan ujian- ujian. Sedangkan pada kelompok kedua, diharapkan dapat
membantu kepekaan mahasiswa berkenaan dengan lingkungan alamiah,lingkungan
social dan meliputi mata kulliah
1.Ilmu Sosial Dasar (ISD)
2.Ilmu Budaya Dasar (IBD)
3.Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
Mata kuliah Ilmu budaya Dasar
merupakan salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai
kebudayaan , tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam
hidupnya sehari-hari .Apakah hal ini perlu…? Hal ini perlu ,sebab dirasakan nya
kekurangan pada sistem pendidikan kita ,baik pada tingkat menengah maupun pada
tingkat perguruan tinggi.Mungkin banyak faktor-faktor lain yang menyebabkan itu
terjadi tapi ,salah satu yang penting adalah sisitem pendidikan kita .Tidaklah
dapat disangkal ,bahwaruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong
membuat manusia-manusia spesialis yg tidak berpandangan luas .
Inilah kegunaan mata kuliah Ilmu
Budaya Dasar ini ,agar semua lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan
dapat mempunyai suatu kesamaan pembicaraan yang lebih baik agar interaksi
antara intelektual kita lebih sering dengan akibat positif bagi pembangunan
Negara kita pada umumnya dan pebaikan pendidikan pada khususnya.
Dengan mempelajari mata kuliah Ilmu
Budaya Dasar ini diharapkan agar para akademisi lebih lancer dalam
berkomunikasi .Kelancaran berkomunikasi ini selanjitnya akan memperlancar pula
pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang yang ditangani oleh para
cendikiawan dari berbagai lapangan keahlian ,mahasiswa juga diharapkan nantinya
memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang budaya Indonesia
pada umumnya dan menimbulkan minat untuk mendalaminya lebih lanjut ,dan turut
mendukung dan mengembangkan kebudayaannya sendiri denagn kreatif.
1.1 LATAR BELAKANG
latar belakang ilmu budaya dasar
dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan
permasalahan sebagai berikut:
1. Kenyataan bahwa Indonesia
terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang
tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari
ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan.
2. Proses pembangunan dampak
positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai
budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat
lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam
kehidupan.
3. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam
teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik
dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan
yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi,
yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat
dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Mengapa Ilmu Budaya Dasar termasuk MKDU ?
2. Apa yang dimaksud dengan Ilmu Budaya Dasar ?
3. Apakah tujuan mempelajari Ilmu Budaya Dasar ?
4. Apa saja ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar ?
1.3 TUJUAN PENULISAN
1. Untuk mengetahui Ilmu Budaya Dasar termasuk MKDU
2. Untuk mengetahui pengertian Ilmu Budaya Dasar
3. Untuk mengetahui tujuan Ilmu Budaya Dasar
4. Untuk mengetahui ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Ilmu Budaya Dasar sebagai MKDU
1. ILMU
BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU)
Ilmu Budaya Dasat telah kita
ketahui bahwa bukanlah ilmu yang monolit atau ilmu yang tunggal.ia lebih tepat
disebut sebagai ilmu “ilmu gabungan” , yang secara bersama-sama atau
sendiri-sendiri dapat dipakai sebagai alat untuk memcahkan berbagai masalah
yang dihadapi manusia sebagai makhuk yang berbudaya, baik dalam kedudukannya sebagai
makhluk individu ,makhluk social maupun makhluk ciptaan Tuhan.
Komponen yang paling utama dalam
membentuk Ilmu Budaya Dasar adalah
·
Filsafat
·
Teologi
·
Sejarah
·
Seni
§ Filsafat
yang sering disebut sebagai induk ilmu, merupakan yang berusaha memberi jawaban
atas pertanyaan-pertanyaan yang sangat esensial
§ Teologi
atau yang sering disebut dengan ilmu agama,akan mengajar kpada kita tentang
manusia,sejarahnya,tujuannya,tugas dan tanggung jawab di dunia sebagi makhluk
ciptaan Tuhan
§ Sejarah
juga memberikan andil kepada manusia untuk mengerti siapa dia sebenarnya
itu.sejarah menceritakan kepada kita bagaimana orang-orang yang terdahulu hidup
dalam arti yang seluas-luasnya ,tentang adat-istiadat,pandangan hidup bahkan
asal usulnya
§ Seni
adalah perwujudan kekaguman dan sekaligus penghargaan manusia terhadap
keindahan nilai-nilai yang ditemuinya dalam kehidupanseni dapat pula dikatakan
sebagai bukti keunggulan manusia diantara makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya
Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu
kompnen dari mata kuliah dasar umum (MKDU) yang merupakan mata kuliah wajib
diseua perguruan tinggi .
Secara khusus MKDU bertujuan untuk
menghasilkan warga Negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
1. Berjiwa pancasila sehingga
segala keputusan dan segala tindakannya mencerminkan nili nilai pancasila
2. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
,menjalankan perintah agama
3. Memiliki wawasan komprehensif
dan pendekatan integral dalam menyelesaikan masalah
4. Memiliki pandangan kehidupan
yang luas dalam bermasyarakat
Jadi pedidikan umum yang yang
menitik beratkan pada usaha untuk mengembangka kepribadian mahasiswa ,pada
dasarnya berbeda dengan mata kuliah- mata kuliah Bantu
2.2 Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar adalah
pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian
umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan
kebudayaan.
Istilah ilmu budaya dasar
dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang
berkaitan dengan nilai – nilai yaitu nilai – nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya.
Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan
dalam tiga besar, yaitu:
1. Ilmu ilmu alamiah (NATURAL
SCIENCE )
Ilmu ilmu alamiah bertujuab
mengetahui keteraturan keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
2. Ilmu ilmu social ( social
science )
Ilmu ilmu alamiah bertujuab
mengetahui keteraturan keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia .
3. Pengetahuan budaya ( the
humanities )
Pengetahuan budaya bertujuan untuk
memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat
manusiawi.Pengetahuan budaya dibatasi oleh pengetahuan yang mencakup keahlian
(disiplin ) seni dan filsafat
2.3 Tujuan ILmu Budaya Dasar
Berdasarkan Keputusan Dijendikti
ari Depdikbud No.32/DJ/Kep/1983 diadakannya mata kuliahIlmu Budaya Dasar semata
mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepriabadian mahasiswa denagan cara
memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap aspek aspek
budaya ,baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya amupun yang
menyangkut dirinya sendiri .Untuk bias menyangkut tujuan tersbut IBD diharapkan
dapat :
Ø mengusahakan
penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya ,sehingga dapat
menyesuaikan diridengan lingkumgam yang baru
Ø Memberi
kesempatan mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah
kemanusiaan dan kebudayaan
Ø Mengusahakan
agar mahasiswa tidak jatuh kedalam sifat sifat kedaerahan dan pengkotkan
disiplin ilmu yang ketat
Ø Mengusahakan
wahana komunikasi para akadmii agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain
,supaya para akademisi mampu berkomunikasi dengan lebih lancar
2.4 Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Masalah pokok untuk menentukan
ruang lingkup IBD adalah:
Aspek kehidupan yang merupakan
ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan
pengetahuan budaya,baik dari segi keahlian (disiplin) didalam pengetahuan
budaya maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam
pengetahuan budaya.
Hasil manusia yang universal akan
tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayan masing – masing zaman dan
tempat.
Pokok bahasan yang dikembangkan
adalah:
pokok pembahasan yaitu :
1. manusia dan cinta kasih (contoh
: kasih sayang, kemesraan, pemujaan)
2. manusia dan keindahan (contoh :
renungan, kehalusan, keserasian)
3. manusia dan penderitaan (contoh
: rasa sakit, siksaan, kesengsaraan)
4. manusia dan keadilan (contoh :
kejujuran, pembalasan)
5. manusia dan pandangan hidup
(contoh : cita-cita, kebajikan)
7. manusia dan kegelisahan (contoh
: keterasingan, kesepian, letidakpastian)
8. manusia dan tanggung jawab serta
pengabdian (contoh : kesadaran, pengorbanan)
9. manusia dan harapan (contoh :
kepercayaan, harapan)
Dari pokok pembahasan tersebut masalah-masalah
manusia sangat berorientasi pada kebudayaaannya. Dalam hal ini masalah yang
dikaji antara manusia dan kebudayaan biasanya bisa diwujudkan melalui suatu
karya-karya seni seperti sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan
sebagainya yang dibuat untuk mengungkapkan lebih dari dari satu masalah. Ilmu
budaya dasar menggunakan karya-karya yang terdapat pada pengetahuan budaya
untuk mendekati masalah-masalah kemanusiaan dan budaya.
BAB 3
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Kebudayaan yang ada di Indonesia
harus kita lestarikan dan Pemerintah serta Masyarakat harus berperan aktif
dalam hal ini. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat dan
pemerintahannya. Seperti yang telah dikemukakan oleh Melville J. Herskovits dan Bronislaw
Malinowski “ bahwa segala sesuatu yang
terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh
masyarakat itu sendiri”. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
3.2 SARAN
0 komentar:
Posting Komentar