Analisis Kekuatan dan Kelemahan E Commerce Amazon.com
Analisis kekuatan dan kelemahan amazon.com
Amazon.com adalah salah satu perusahaan besar online shop yang menjual barang-barangnya melalui internet. Perusahaan amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada November 1994 di Seattle, Amerika Serikat. dan membuka situs e-commerce-nya pada tahun 1995. Pada awalnya produk yang dijual oleh perusahaan online ini hanyalah buku – buku saja, namun dengan cepat meluaskan diversifikasinya ke produk lain seperti kaset, VHS, DVD, CD music kemudian lelang dan seiring berkembang pesatnya teknologi, sekarang amazon.com telah menjual ribuan jenis produk yang berbeda . Pada tahun 2002 amazon.com pernah menjadi toko online terbaik versi majalah Yahoo karena penjualan atas order konsumen yang lebih dari 56 juta item.
Produk yang dimiliki oleh Amazone adalah sebagi berikut :
1. Amazon Booksurge
Merupakan print-on-demand buku bisnis yang memberikan penerbit kemampuan untuk mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor.
Produk yang dimiliki oleh Amazone adalah sebagi berikut :
1. Amazon Booksurge
Merupakan print-on-demand buku bisnis yang memberikan penerbit kemampuan untuk mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor.
2. Amazon EBS
Menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk digunakan dengan Amazon C2.
Menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk digunakan dengan Amazon C2.
3. Amazon C2
Menyediakan layanan web server virtual dengan harga murah ( $0,10 setiap jam nya).
Menyediakan layanan web server virtual dengan harga murah ( $0,10 setiap jam nya).
4. Amazon elastic MapReduce
Merupakan layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analisis data dan pengembang untuk memproses data dalam jumlah besar dan bayak dengan mudah dan biaya yang efektif.
Merupakan layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analisis data dan pengembang untuk memproses data dalam jumlah besar dan bayak dengan mudah dan biaya yang efektif.
5. Amazon Frresh
Adalah layanan pengiriman makanan dimana pemesanan nya dilakukan secara online.
Adalah layanan pengiriman makanan dimana pemesanan nya dilakukan secara online.
6. Amazon Kindle
Merupakan sebuah e-reader yeng menerbitkan buku, Koran, majalah.
Merupakan sebuah e-reader yeng menerbitkan buku, Koran, majalah.
7. Amazon Kindle 2 Amazon’s
Adalah sebuah ponsel ebook reader .
Adalah sebuah ponsel ebook reader .
8. Amazon Kindle DX
Merupakan versi dari Kindle yang memiliki ukuran layar lebih besar dari Kindle yang sebelumnya.
Merupakan versi dari Kindle yang memiliki ukuran layar lebih besar dari Kindle yang sebelumnya.
9. Amazon S3
Adalah layanan penyimpanan online untuk perusahaan – perusahaan pengembang.
Adalah layanan penyimpanan online untuk perusahaan – perusahaan pengembang.
10. Amazon Unbox
Adalah sebuah layanan video, dan hanya tersedia di Amerika Serikat.
Adalah sebuah layanan video, dan hanya tersedia di Amerika Serikat.
11. Amazon Video on Demand
Adalah sebuah layanan video streaming untuk televise dan film.
Adalah sebuah layanan video streaming untuk televise dan film.
12. Amazon Web Services
Adalah sebuah Web services yang menyediakan semua rangkaian infrastruktur layanan web platform, dan ini terjadi sejak awal tahun 2006. dengan membuat sebuah rangkaian infrastruktur yang sangat fleksibel untuk memilih mana platform pengembangan program, dalam artian pelanggan hanya membayar untuk apa yang digunakan tanpa ada biaya apapun.
Adalah sebuah Web services yang menyediakan semua rangkaian infrastruktur layanan web platform, dan ini terjadi sejak awal tahun 2006. dengan membuat sebuah rangkaian infrastruktur yang sangat fleksibel untuk memilih mana platform pengembangan program, dalam artian pelanggan hanya membayar untuk apa yang digunakan tanpa ada biaya apapun.
13. Mechanical Turk
Merupakan sebuah sumber keramaian layanan yang memungkinkan para pengembang dan perusahaan untuk mendapatkan orang-orang untuk melakukan sejumlah kecil dari pekerjaan yang tidak dapat. Dengan artificial intelligence amazon memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang mirip.
Merupakan sebuah sumber keramaian layanan yang memungkinkan para pengembang dan perusahaan untuk mendapatkan orang-orang untuk melakukan sejumlah kecil dari pekerjaan yang tidak dapat. Dengan artificial intelligence amazon memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang mirip.
Terdapat berbagai kekuatan dan kelemahan dalam bisnis E – commerce yang dijalankan oleh amazon.com seperti berikut :
- Kekuatan
Mengurangi waktu berbisnis
Mengurangi waktu berbisnis karena saat ini Amzon.com menggunakan teknologi terbaru yaitu Drone yang digunakan untuk mengantar paket para pelanggan yang berbelanja di amazone.com sehingga dapat menghemat waktu serta pada amazone EC mendukung permintaan yang mudah berdasarkan kriteria pencarian dengan menggunakan katalog.dengan katalog memungkinkan amazon.com untuk menangani volume pemesanan dalam jumlah besar dan banyak secara sekaligus melalui info pelanggan yang otomatis / perintah pencarian kedalam database online. E- bisnis juga mendukung banyak fungsi dari Electonic Data Interchange (EDI) yang mengubah proses bisnis konvensional menjadi operasi paperless yang mempercepat proses bisnis tanpa mengorbankan akurasi, kehandalan dan efesiensi.
Mengurangi waktu berbisnis karena saat ini Amzon.com menggunakan teknologi terbaru yaitu Drone yang digunakan untuk mengantar paket para pelanggan yang berbelanja di amazone.com sehingga dapat menghemat waktu serta pada amazone EC mendukung permintaan yang mudah berdasarkan kriteria pencarian dengan menggunakan katalog.dengan katalog memungkinkan amazon.com untuk menangani volume pemesanan dalam jumlah besar dan banyak secara sekaligus melalui info pelanggan yang otomatis / perintah pencarian kedalam database online. E- bisnis juga mendukung banyak fungsi dari Electonic Data Interchange (EDI) yang mengubah proses bisnis konvensional menjadi operasi paperless yang mempercepat proses bisnis tanpa mengorbankan akurasi, kehandalan dan efesiensi.
Meningkatkan layanan pelanggan
Melalui bisnis EC ini, Amazon dapat dapat melayani pelanggan secara efesien dan secara bersamaan. Dengan sistus Amazon.com ini, pelanggan akan menemukan berbagai informasi seperti produk, cara pemesanan, dan transaksi pembayaran yang juga menjadi semakin lebih mudah, cepat dan nyaman karena pelanggan dapat melakukan nya dimana dan kapan saja.
Melalui bisnis EC ini, Amazon dapat dapat melayani pelanggan secara efesien dan secara bersamaan. Dengan sistus Amazon.com ini, pelanggan akan menemukan berbagai informasi seperti produk, cara pemesanan, dan transaksi pembayaran yang juga menjadi semakin lebih mudah, cepat dan nyaman karena pelanggan dapat melakukan nya dimana dan kapan saja.
Memfasilitasi kustomisasi produk dan jasa
Amazon.com membantu para industri untuk membranding sekaligus memasarkan produk dan jasa yang mereka jual.
Amazon.com membantu para industri untuk membranding sekaligus memasarkan produk dan jasa yang mereka jual.
Meningkatkan keuangan perusahaan
Dengan menggunakan E commerce Amazon mengalami pendapatan keuangan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari berkurangnya biaya komunikasi karena Amazon menggunakan cara pertukaran ata yang lebih maju daripada panggilan telepon serta waktu yang lebih cepat.
Dengan menggunakan E commerce Amazon mengalami pendapatan keuangan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari berkurangnya biaya komunikasi karena Amazon menggunakan cara pertukaran ata yang lebih maju daripada panggilan telepon serta waktu yang lebih cepat.
Kelemahan
Kelemahan dari Amazon.co yaitu Ancaman hacking yang mengintai para pelanggan saat melakukan transaksi pada situs amazon.com. para hacker ini menggunakan berbagai cara untuk dapat berbuat tindakan kriminal,tidak hanya itu , para hacking juga memiliki kemampuan untuk merusak sistem teknologi yang ada Kedua isu ini penting, khususnya di wilayah B2C bussines to costumer, lebih khusus lagi isu security yang dipandang serius dibanding yang sebenarnya bila diterapkan inskripsi yang tepat. kasus privasi ini bisa diperbaiki secara konstan. tetapi para pelanggan memandang hal ini sangat penting. dan Industri EC memiliki tugas jangka panjang dan berat untuk meyakinkan para pelanggan bahwa trnsaksi online dan privasinya sesungguhnya sangatlah aman. .
Unsur Kepercayaan dan terjadi resiseni yag tetrjadi dalan transaksi EC yang diakibatkan pelanggan tidak melihat secara fisik produk yang dipasarkan, ditambah lagi transaksi yang dilakukan tanpa kertas dan secara elektronik.
Pada perkembangnya pelanggan sering mengalami kesulitan dalam menemukan barang yang mereka cari, hal ini disebabkan karna belum ada cara yang efektif dalam transaksi penjualan dan transaksi pembayaran, serta belum maksimalnya surfing e-commerce
Secara umum,Amazone dan eBay sama-sama menyediakan fasilitas dalam hal online shop .Hanya saja keduanya memiliki perbedaan karakteristikdalam usaha untuk menarik pelanggan , pada Amazon.com menambahkan layanan bagi pengguna untuk melakukan penilaian ataupun mengomentari (review) link untuk masing-masing produk. Amazon juga menyediakan "Search Inside the Book", sebuah layanan yang memungkinkan pengguna menggunakan key words atau bahkan sebuah teks untuk mencari buku dalam katalog. sedangkan pada eBay.com yang memanfaatkan akun pembayaran tersendiri, yaitu melalui PayPal, Amazon menangani setiap transaksi sendiri. Ebay.com memiliki banyak jenis produk yang ditawarkan. Tidak hanya produk keluaran perusahaan saja, bahkan produk yang dijual kembali oleh pemiliknya pun tersedia. eBay juga menyediakan beberapa produk langka dan sangat bernilai. Segala macam produk ditawarkan selama produk tersebut bukan merupakan produk ilegal. Tidak hanya produk dalam bentuk barang saja, ternyata jasa pun dapat ditawarkan. Sistem pembeliannya pun dapat melalui sistem lelang. Sangat berbeda dengan Amazon.com.
Secara mendetail dapat dilihat perbedaan dan persamaan keduanya :
Persamaan antara kedua webshop tersebut dilihat dari :
Desain dengan struktur yang tepat
Amazon.com dan eBay sama sama mmiliki header, footr, serta menu navigasi dan blok iklan serta struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga tiak membingungkan untuk para pelanggan dengan tampilan yang berubah-ubah. Keduanya menerapkan sebuah desain terstruktur dan informatif serta memberikan kemudahan pada setiap pengunjung untuk mengeksplorasi masing-masing web.
• Perbedaan keduanya terletak pada :
Tampilan web
Keduanya membuat sebuah user interface yang ssuai dengan karakter masing-masin, barang yang ditawarkan berbeda dengan Amazon.com, eBay juga menawarkan produk dalam bentuk jasa dan barang yang dijual kembali oleh pemiliknya
Proses/Kegiatan didalamnya
Pada situs eBay.com menyediakan sistem lelang barang bagi para pelanggan, sedangkan pada Amazon.com tidak menyediakan hal tersebut.
Pengelolaan transaksi
Pada situs eBay.com menggunakan akun PayPal untuk melakukan pengelolaan transaksi, sedangkan pada situs Amazon.com mengelola segala transaksi sendiri.
Untuk menemukan keunggulan dan kekurangan masing- masing webshop, disini saya akan mejelaskan tentang iklan harry potter.
Amazon:
Kelebihan
Pada situs ini, fitur-fitur yang ditampilkan bagus
Di situs ini, jika kita menuliskan Harry Potter and the Half-Blood Prince Blu-ray version, maka akan langsung ketemu, karena pada situs ini, film ini dibagi-bagi menurut formatnya seperti DVD, Blu-ray, VCD, dll.
Di situs ini, terdapat promo-promo khusus untuk pembeli yang disediakan untuk para pembeli seperti potongan harga atau diskon.
Kita dapat melihat berapa banyak orang yang membeli film Harry Potter and the Half-Blood Prince di situs ini, sehingga secara tidak langsung kita dapat mempercayai toko tersebut.
Di Amazon film ini akan diulas habis seperti siapa saja aktor yang main di film tersebut, sutradara, review film, movie trailer, dan lain sebagainya.
Jika kita ingin membeli film tersebut, atau kita mau transaksi, kita akan diproteksi agar aman dari pihak-pihak nakal
Kekurangan :
Di Amazon, Jika kita pertama kali membuka situs tersebut dan ingin membeli barang di situs tersebut, kita bingung karena disitu tombol untuk membeli barang adalah "add to cart" bahasa yang tidak lazim digunakan untuk situs jual beli yang biasanya menggunakan "Buy it now"
Barang yang ditawarkan tergolong lebih mahal dari pada eBay.
eBay
Kelebihan:
eBay mempertahankan sejumlah situs khusus. eBay Pulse, misalnya, memberikan informasi tentang istilah pencarian populer, tren, dan item yang paling banyak ditonton.
Terdapat konten ebay Komunitas lain termasuk Discussion Boards, Groups, Answer Center, Chat Rooms, and Reviews & Guides.
eBay memiliki penawaran mobile yang kuat, termasuk SMS alert, situs WAP, Java ME client, dan aplikasi iPhone Apple tersedia di pasar tertentu.
Best of eBay adalah situs khusus untuk mencari item yang paling-tidak biasa di situs eBay. Pengguna dapat memilih dan mencalonkan pada daftar yang mereka temukan.
Terdapat juga fitur-fitur yang ditampilkan di Amazon yakni aktor yang main di film tersebut, sutradara, review film, movie trailer, dan lain sebagainya.
Sama seperti Amazon, jika kita ingin membeli film tersebut, atau kita mau transaksi, kita akan diproteksi agar aman dari pihak-pihak nakal.
Dengan menggunakan sistem lelang, ketika kita memiliki barang antik misalnya, kita bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dengan memanfaatkan sistem lelang ini.
Kekurangan :
Pada situs ini fitur yang ditampilkan masih kalah bagus dengan pesaingnya yakni Amazon.
Dalam melakukan pencarian judul film tersebut, pada eBay ini membingungkan, dikarenakan eBay tidak menggolongkan film ini pada formatnya sehingga terjadi kesemrawutan pada hasil pencarian tersebut.
Barang yang ditawarkan di eBay lebih kurang dibandingkan Amazone, banyak terdapat barang yang kosong / tidak ada tetapi tetap ditawarkan pada pembeli, dan pada akhirnya pembeli tertipu.
Screenshot dari www.amazon.com
Screenshot dari www.ebay.com
Dari perbedaan-perbedaan dan persamaan serta kekurangan dan kelebihan diantara ke 2 webshop tersebut, dapat disimpulkan bahwa Amazon memberikan rincian yang lebih jelas dari pada eBay. Dalam Amazon disebutkan lebih rinci sistem pembayaran nya dan hal lain yang berkaitan dengan transaksi barang, sedangkan pada eBay lebih detail mengenai spesifikasi barang. Misal pada produk kaset music, pada eBay lebih banyak deskripsi mengenai intrinsik barang daripada ha-hal yang berhubungan dengan transaksi barang itu sendiri.
Riset Perbandingan
Amazon vs eBay
Amazon vs eBay
Secara umum,Amazone dan eBay sama-sama menyediakan fasilitas dalam hal online shop .Hanya saja keduanya memiliki perbedaan karakteristikdalam usaha untuk menarik pelanggan , pada Amazon.com menambahkan layanan bagi pengguna untuk melakukan penilaian ataupun mengomentari (review) link untuk masing-masing produk. Amazon juga menyediakan "Search Inside the Book", sebuah layanan yang memungkinkan pengguna menggunakan key words atau bahkan sebuah teks untuk mencari buku dalam katalog. sedangkan pada eBay.com yang memanfaatkan akun pembayaran tersendiri, yaitu melalui PayPal, Amazon menangani setiap transaksi sendiri. Ebay.com memiliki banyak jenis produk yang ditawarkan. Tidak hanya produk keluaran perusahaan saja, bahkan produk yang dijual kembali oleh pemiliknya pun tersedia. eBay juga menyediakan beberapa produk langka dan sangat bernilai. Segala macam produk ditawarkan selama produk tersebut bukan merupakan produk ilegal. Tidak hanya produk dalam bentuk barang saja, ternyata jasa pun dapat ditawarkan. Sistem pembeliannya pun dapat melalui sistem lelang. Sangat berbeda dengan Amazon.com.
Secara mendetail dapat dilihat perbedaan dan persamaan keduanya :
Persamaan antara kedua webshop tersebut dilihat dari :
- Waktu loading yang cepat
- Ketersediaan informasi yang jelas
Desain dengan struktur yang tepat
Amazon.com dan eBay sama sama mmiliki header, footr, serta menu navigasi dan blok iklan serta struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga tiak membingungkan untuk para pelanggan dengan tampilan yang berubah-ubah. Keduanya menerapkan sebuah desain terstruktur dan informatif serta memberikan kemudahan pada setiap pengunjung untuk mengeksplorasi masing-masing web.
• Perbedaan keduanya terletak pada :
Tampilan web
Keduanya membuat sebuah user interface yang ssuai dengan karakter masing-masin, barang yang ditawarkan berbeda dengan Amazon.com, eBay juga menawarkan produk dalam bentuk jasa dan barang yang dijual kembali oleh pemiliknya
Proses/Kegiatan didalamnya
Pada situs eBay.com menyediakan sistem lelang barang bagi para pelanggan, sedangkan pada Amazon.com tidak menyediakan hal tersebut.
Pengelolaan transaksi
Pada situs eBay.com menggunakan akun PayPal untuk melakukan pengelolaan transaksi, sedangkan pada situs Amazon.com mengelola segala transaksi sendiri.
Untuk menemukan keunggulan dan kekurangan masing- masing webshop, disini saya akan mejelaskan tentang iklan harry potter.
Amazon:
Kelebihan
Pada situs ini, fitur-fitur yang ditampilkan bagus
Di situs ini, jika kita menuliskan Harry Potter and the Half-Blood Prince Blu-ray version, maka akan langsung ketemu, karena pada situs ini, film ini dibagi-bagi menurut formatnya seperti DVD, Blu-ray, VCD, dll.
Di situs ini, terdapat promo-promo khusus untuk pembeli yang disediakan untuk para pembeli seperti potongan harga atau diskon.
Kita dapat melihat berapa banyak orang yang membeli film Harry Potter and the Half-Blood Prince di situs ini, sehingga secara tidak langsung kita dapat mempercayai toko tersebut.
Di Amazon film ini akan diulas habis seperti siapa saja aktor yang main di film tersebut, sutradara, review film, movie trailer, dan lain sebagainya.
Jika kita ingin membeli film tersebut, atau kita mau transaksi, kita akan diproteksi agar aman dari pihak-pihak nakal
Kekurangan :
Di Amazon, Jika kita pertama kali membuka situs tersebut dan ingin membeli barang di situs tersebut, kita bingung karena disitu tombol untuk membeli barang adalah "add to cart" bahasa yang tidak lazim digunakan untuk situs jual beli yang biasanya menggunakan "Buy it now"
Barang yang ditawarkan tergolong lebih mahal dari pada eBay.
eBay
eBay mempertahankan sejumlah situs khusus. eBay Pulse, misalnya, memberikan informasi tentang istilah pencarian populer, tren, dan item yang paling banyak ditonton.
Terdapat konten ebay Komunitas lain termasuk Discussion Boards, Groups, Answer Center, Chat Rooms, and Reviews & Guides.
eBay memiliki penawaran mobile yang kuat, termasuk SMS alert, situs WAP, Java ME client, dan aplikasi iPhone Apple tersedia di pasar tertentu.
Best of eBay adalah situs khusus untuk mencari item yang paling-tidak biasa di situs eBay. Pengguna dapat memilih dan mencalonkan pada daftar yang mereka temukan.
Terdapat juga fitur-fitur yang ditampilkan di Amazon yakni aktor yang main di film tersebut, sutradara, review film, movie trailer, dan lain sebagainya.
Sama seperti Amazon, jika kita ingin membeli film tersebut, atau kita mau transaksi, kita akan diproteksi agar aman dari pihak-pihak nakal.
Dengan menggunakan sistem lelang, ketika kita memiliki barang antik misalnya, kita bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dengan memanfaatkan sistem lelang ini.
Kekurangan :
Pada situs ini fitur yang ditampilkan masih kalah bagus dengan pesaingnya yakni Amazon.
Dalam melakukan pencarian judul film tersebut, pada eBay ini membingungkan, dikarenakan eBay tidak menggolongkan film ini pada formatnya sehingga terjadi kesemrawutan pada hasil pencarian tersebut.
Barang yang ditawarkan di eBay lebih kurang dibandingkan Amazone, banyak terdapat barang yang kosong / tidak ada tetapi tetap ditawarkan pada pembeli, dan pada akhirnya pembeli tertipu.
Screenshot dari www.amazon.com
Screenshot dari www.ebay.com
Dari perbedaan-perbedaan dan persamaan serta kekurangan dan kelebihan diantara ke 2 webshop tersebut, dapat disimpulkan bahwa Amazon memberikan rincian yang lebih jelas dari pada eBay. Dalam Amazon disebutkan lebih rinci sistem pembayaran nya dan hal lain yang berkaitan dengan transaksi barang, sedangkan pada eBay lebih detail mengenai spesifikasi barang. Misal pada produk kaset music, pada eBay lebih banyak deskripsi mengenai intrinsik barang daripada ha-hal yang berhubungan dengan transaksi barang itu sendiri.
Referensi :
sampleresearchproposals.blogspot.com/…/strengths-and-weaknesses-of-e-business.html
http://ikhsan-ai.it-kosongsatu.com/2010/05/manfaat-e-commerce-dan-kelemahannya
http://sakti-nurekhasakti.blogspot.com/2009/11/kekurangan-dan-keuntungan-e-commerce.html
sampleresearchproposals.blogspot.com/…/strengths-and-weaknesses-of-e-business.html
http://ikhsan-ai.it-kosongsatu.com/2010/05/manfaat-e-commerce-dan-kelemahannya
http://sakti-nurekhasakti.blogspot.com/2009/11/kekurangan-dan-keuntungan-e-commerce.html
0 komentar:
Posting Komentar